CONVERT AUTOCAD

Photobucket

bagaimana caranya agar gambar autocad bisa dibaca oleh semua komputer dan tidak bisa diedit oleh orang lain

kasus:
suatu hari klien anda meminta anda untuk dikirimi contoh gambar proyek
yang sudah dan sedang anda kerjakan!!! apa yang anda lakukan?
apakah ini yang anda lakukan?

1. mengirimkan file autocadnya (dwg)
2. mengkonvertnya ke format bitmap ataupun JPEG
3. menyimpan ke format pdf
4. menyimpan ke format dwf

berikut akan saya uraikan masing2
1. mengirim file autocad (dwg)
menurut saya ini yang paling konyol, kenapa? karena file berformat autocad
bisa disimpan dan diedit oleh klien anda (hari gini yang bisa autocad dah banyak coy)
seandainya klien gak bisa auto cad? nah ini sama aja boong, karena klien tidak akan pernah bisa lihat hasil karya kita
JADI ALTERNATIF INI OUT (NILAI: 0%)

2. mengkonvertnya ke format bitmap ataupun JPEG
keunggulan dengan format ini adalah gambar tidak bisa diedit lagi
tapi biasanya hasil convert ke format ini (dengan perintah saveimg) sangat jelek resolusinya. gambar yang di zooom akan hancur berantakan.
JADI ALTERNATIF INI JUGA OUT (NILAI: 0%)

3. menyimpan ke format pdf
hampir semua komputer sudah memiliki adobe reader, jadi gambar yang diplot sudah bisa
dibaca oleh komputer client. oya, ngomong2 ada yang belum bisa menyimpan gambar ke format PDF?
kalo ada yang belum bisa, katrook namanya haaaaaaaaaaaa
kelemahan menyimpan dalam format PDF ini adalah ketebalan garis kadang2 tidak sesuai dengan gambar aslinya.
JADI ALTERNATIF TERMASUK KATEGORI DAPAT DIGUNAKAN (NILAI: 70%)

4. menyimpan ke format dwf
Untuk kualitas, format ini memang terbaik, kalo dianalogikan, inilah versi PDFnya autocad
so pasti hasilnya jauh lebih baik dari format PDF
kelemahnya adalah tidak semua komputer mempunyai DWF VIEWER, kecuali komputer yang ada autocadnya
sudah pasti punya DWF VIEWER, tapi bila belum punya, bisa download langsung ke situs autodesk.
ada yang belum bisa menyimpan gambar ke format DWF? kecian deh haaaaaaaaaaaa
JADI ALTERNATIF INI OUT (NILAI: 0%)

dari keempat cara yang biasa digunakan, terlihat yang terbaik dari keempatnya adalah
menyimpan ke format pdf. tapi itu saya beri nilai 70% lho artinya masih ada yang lebih baik dari itu.

mau tau cara yang menurut saya bernilai 100% mantap? mau ?????????????????????????

OK SAYA BERITAHU CARANYA ( masih mending saya beritahu daripada saya beritai kan, haaaaaa)
syaratnya adalah anda minimal harus menggunakan AUTOCAD 2009 ,
masih ingat dengan menyimpan ke format DWF tadi? nah di AUTOCAD 2009 ada yang namanya format DWFx
dengan menyimpan gambar kerja dengan format DWFx ini dijamin
semua komputer akan dapat membaca gambar yang kita buat. mau tau kenapa?
saya yakin semua komputer mempunyai INTERNET EXPLORER (browser default microsoft)
lho apa hubungannya gambar DWFx dan INTERNET EXPLORER?
so, kita tinggal simpan gambar kerja kita kedalam format DWFx dan suruh klien kita membukanya
dengan menggunakan (open with) INTERNET EXPLORER dijamin bisa dibuka
setelah dibuka, coba di zoom bebrapa kali, masih bagus kan!!!!!!!

NAH MASALAH SUDAH DAPAT DIATASI (ingat DWFx)
uraian diatas diolah dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi saya,
oya bila ada yang mau tanya tentang cara menyiompan ke file pdf,dwf dan dwfx,
silakan tulis di fasilitas komentar atau tanya di facebook saya: wwww.facebook.com/puja.one

catatan: file dalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: