FASILITAS KEAMANAN EMAIL TAHAP 2 DARI GMAIL/GOOGLE

Pernahkah sobat semua mendapat email pemberitahuan dari google yang menyatakan bahwa akun sobat pernah coba diakses oleh orang lain?

Saya sendiri pernah mengalaminya, dan disarankan oleh mbah google untuk meningkatkan keamanan email dengan cara melakukan verifikasi thap ke 2 yang disediakan oleh google.

Pada prinsipnya, tujuan verifikasi ini adalah meningkatkan keamanan dari akun google sobat semua. Caranya kerjanya hampir mirip dengan internet banking, dimana kita diminta untuk memasukkan kode rahasia tambahan (semacam token) ketika kita mencoba masuk ke akun email kita. Untuk mendapatkan kode rahasia tersebut, maka kita harus mendaftarkan no telepon.

Langkah langkahnya adalah:

  • Masuk ke setting akun gmail/google dan pilih tab keamanan, kemudian klik tombol edit pada bagian verifikasi 2-langkah

1

  • Setelah itu masukkan no telepon yang hendak kita pergunakan, kita bisa pilih pemberitahuannya dengan menggunakan sms ataupun panggilan suara, selanjutnya klik tombol kirim kode

2

  • Masukkan kode verifikasi yang diterima oleh hp sobat, kemudian klik verifikasi

3

  • Klik tombol berikutnya

4

  • Selanjutnya kita menentukan bagaimana caranya kita menerima kode dari google, bisa lewat sms dan atau smartphone (android,bb,iphone). karena saya berfikir, siapa tahu pulsa hp habis pas mau buka email, maka saya pilih melalui smartphone/ponsel android. Klik tulisan android. Untuk jaga – jaga apabila sms tidak bisa dan smartphone juga sedang tidak bisa dipakai, maka masih ada satu cara lagi, yaitu dengan cara mengklik kode cadangan yang dapat dicetak. Hasil print outnya bisa kita simpan di dompet.

6

  • Dari smartphone andoid langsung deh buka google play store dan instal google authenticator dan scan barcode. Setelah instal, maka di hp android klik begin setup  dan pilih scan barcode.  Kemudian scan barcode yang muncul dengan smarphone android sobat semua. Setelah itu kita tinggal masukkan kode yang diberikan, lalu klik verifikasi dan simpan

7

  • Untuk broeser yang belum compatible dengan verifikasi tahap 2 ini, maka google juga sudah menyiapkan sandi aplikasi khusus. Sobat tinggal memberi nama, pad field yang kosong, kemudian klik buat sandi. Maka google akan membuatkan kode rahasia yang cukup dimasukkan sekali saja pada browser sobat semua.

8

  • Nah seperti inilah tampilan yang muncul ketika sobat nantinya mencoba meng-akses akun sobat semua dari komputer yang berbeda.

9

Memang sedikit agak ribet, tapi untuk keamanan, saya pikir hal ini sangat penting, apalagi bagi sobat yang sering bertransaksi finansial via email.

Silakan dikunyah – kunyah, semoga berguna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: